Orientasi Pegawai Baru Formasi 2021 RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes

RSUD PROF DR. WZ. JOHANNES melakukan kegiatan orientasi untuk para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun angkatan 2021 yang ditempatkan di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Orientasi adalah suatu rangkaian kegiatan dalam memberikan informasi yang berhubungan dengan lingkungan kerja baru dalam suatu perusahaan, meliputi organisasi tata laksana, kebijakan, tugas, fungsi, tanggung jawab dan wewenang pegawai baru. termasuk proses penanaman sikap, standar, nilai, dan pola perilaku yang berlaku dalam suatu organisasi kepada para pegawai baru yang direkrut. Kegiatan orientasi di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang terdiri dari dua jenis yaitu orientasi umum dan orientasi khusus. Orientasi Umum: Adalah kegiatan orientasi yang berupaya memperkenalkan pegawai baru pada peran-peran mereka dalam organisasi, struktur organisasi RS, pelayanan yang tersedia, program-program yang dilaksanakan di RS, kebijakan-kebijakan yang ada didalam organisasi, nilai/keyakinan/budaya, didalam organisasi juga pejabat dan rekan kerja dalam organisasi. Sedangkan orientasi Khusus: Adalah kegiatan orientasi yang berupaya memperkenalkan pegawai baru pada peran-peran mereka sesuai dengan bidang/unit mana mereka ditempatkan.

Orientasi Pegawai Baru Formasi 2021             RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes

Sebanyak 46 orang Pegawai mengambil bagian dalam kegiatan dimaksud, yang terdiri dari 8 orang Dokter Ahli Pertama, 4 orang Fisioterapis Ahli Pertama, 2 orang Perekam Medik Terampil,  2 orang Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli, 3 orang Teknisi Gedung atau Bangunan, 2 orang Pranata Komputer Ahli Pertama, 2 orang Teknisi Elektromedis Ahli Pertama, 1 orang Teknisi Elektromedis Terampil, 3 orang Nutrisionis Ahli Pertama, 3 orang Nutrisionis Terampil, 2 orang Pranata Labkes Ahli Pertama, 1 orang Sanitarian Ahli Pertama, 3 orang Sanitarian Terampil, 5 orang Teknisi Mesin, 1 orang Teknisi Listrik dan Jaringan, dan ditambah 4 orang PNS yang baru menyelesaikan tugas belajar.

Kegiatan orientasi ini digelar secara luring selama 5 hari kerja, dimulai pada tanggal 07 Juni dan berakhir pada tanggal 13 Juni 2022 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilakukan di Aula Ponek lantai TigaRSUD PROF DR. WZ. JOHANNES dengan narasumber yang berkompeten yang terdiri dari Tim Kesekretariatan, Tim PPI, Tim PMKP, Tim K3RS, Tim PKRS. Materi-materi yang diberikanadalah Visi, Misi dan Struktur Organisasi Rumah Sakit; Fasilitas yang ada di Rumah Sakit; Tata Tertib Rumah Sakit; Kebijakan Personalia; Hak dan Kewajiban Pasien; Pencegahan dan Pengendalian Infeksi; Sasaran Keselamatan Pasien; Peningkatan Mutu, Keselamatan Pasien dan manajemen risiko;Komunikasi Efektif dan berbagai hal penting yang perlu diketahui oleh Staf Rumah Sakit.

Harapannya melalui kegiatan orientasi yang diberikan, 46 peserta kegiatan orientasidapat memahami sejumlah tahapan dalam lingkungan kerja yaitu; pengenalan tentang unit kerja yang bersangkutan sampai unit kerja besar yang terkait dalam sebuah Rumah Sakit;penjelasan tentang tempat bekerja secara lengkap mulai dari visi, misi, nilai budaya dan struktur organisasi, kemudianpenjelasan tentang rencana strategis rumah sakit, tugas pokok,, hak dan kewajiban, pengembangan karir, penilaian, kode etik, cuti, hukuman disiplin, pemberhentian, dan berbagai hal penting di laksanakan RSUD PROF DR. WZ. JOHANNES (Dicky R. Tlonael, Chandra Apriadi)

‘’makan nasi, biar tak mati

kegiatan orientasi, wajib diikuti”

penulis CP21

3 thoughts on “Orientasi Pegawai Baru Formasi 2021 RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes”

  1. Paulo Fernando Tety

    Semangat teman2 cpns pemprov NTT t/a 2021 unit kerja RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang
    Terima kasih k Chandra untuk ilmunya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *