Inhouse Training POCT (Point Of Care Test) RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang

Bedside Testing atau yang lebih dikenal dengan Point of Care Testing (POCT) adalah pemeriksaan diagnostik yang dilakukan didekat pasien atau disamping tempat tidur pasien, menggunakan sampel darah atau urin dalam jumlah sedikit. Berbagai macam pemeriksaan dapat dilakukan denagn metode POCT ini diantaranya adalah Pemeriksaan Gula Darah, Elektrolit, Pemeriksaan Marker Jantung, Pemeriksaan Hemoglobin dan lain sebagainya. Manfaat utama dari POCT ini adalah Hasil pemeriksaan lebih cepat didapatkan sehingga mendukung pengambilan keputusan klinik yang lebih cepat selain itu metode ini juga memudahkan dalam pemantauan kondisi kesehatan tanpa harus datang ke Laboratorium.

Meskipun POCT ini sangat praktis untuk dilakukan perlu diperhatikan bahwa POCT bukan pengganti layanan laboratorium konvenisional sebaliknya merupakan layanan tambahan untuk sebuah laboratorium klinik yang dalam Pelaksanaan teknisnya dilakukan di ruang perawatan tetapi sehingga penanggungjawab operasionalnya berada pada Instalasi laboratorium Klinik. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin mutu hasil pemeriksaan yang dilakukan dan juga untuk menjamin bahwa hasil yang didapat tetap tercatat dalam sistem informasi laboratorium (SIL), karena alat-alat POCT saat ini umumnya belum terkoneksi langsung dengan SIL. Kalibrasi dan kontrol terhadap alat yang digunakan dilakukan oleh petugas laboratorium klinik dengan prosedur yang telah ditetapkan dan dibandingkan dengan hasil dari peralatan standar yang ada di laboratorium klinik.

Seperti dijelaskan bahwa pelaksanaan POCT di rumah sakit dilaksanakan diruang perawatan maka semua Staf  yang melakukan POCT baik itu ATLM maupun staf lain seperti perawat dan bidan yang melaksanakan pemeriksaan POCT harus memenuhi persyaratan kredensial. Hal ini dimaksudkan agar Mutu Hasil Pemeriksaan terutama pada fase pra analitik dapat dipertahankan. Untuk menjamin mutu dalam POCT maka Rumah Sakit Umum Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang menyelenggarakan kegiatan Inhouse Training POCT yang dilaksanakan pada tanggal 01 Juli 2022 di Aula PONEK RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang yang dibuka oleh Direktur RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang diwakili oleh Wakil Direktur Penunjang Pelayanan. Kegiatan ini diikuti oleh Dokter umum, Perawat, Bidan dan Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) di Lingkup Rumah Sakit Umum Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Materi yang disampaikan pada pelatihan ini adalah Kegunaan Metode POCT, Pra Analitik Pemeriksaan Laboratorium, Quality Control POCT dan disampaikan oleh para praktisi yang sudah berpengalaman dalam penerapan mutu laboratorium klinik. Kegiatan ini juga disertai dengan praktek Praktek Penggunaan alat POCT. Diharapkan dengan pelatihan ini pelaksanaan POCT di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang dilaksanakan secara profesional sesuai dengan mekanisme kontrol mutu yang berlaku di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. (Lalu Erland S; Chandra Apriadi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *