Wagub NTT : Kemenkes RI Akan Verifikasi dan Validasi RSUD Johannes Kupang

POS-KUPANG.COM|KUPANG – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan melakukan verifikasi dan validasi data atau penilaian ulang terhadap sejumlah rumah sakit, termasuk RSUD Prof. Dr. WZ. Johannes Kupang.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef A. Nae Soi ketika menyampaikan tanggapan Gubernur NTT atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD NTT terhadap Nota Keuangan atas Rancangan Perubahan APBD 2019.

Penyampaian ini berlangsung dalam rapat paripurn DPRD NTT di Aula Kelimutu, Jumat (9/8/2019).
Rapat ini dipimpin Wakil Ketua DPRD NTT, Alex Take Ofong.

Hadir Ketua DPRD NTT, H. Anwar Pua Geno,S.H, Wakil Ketua, Gabriel Beri Binna dan anggota DPRD NTT. Hadir pula sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov NTT.

Menurut Josef, beberapa waktu lalu Kemenkes RI menurunkan status 800 rumah sakit di Indonesia termasuk RSUD Prof.Dr. WZ. Johannes. Status rumah sakit ini diturunkan dari tipe B ke tipe C.

“RSUD Prof. Dr.WZ. Johannes difasilitasi Dinkes NTT telah mengajukan keberatan ke Kemenkes RI dan akan ditindaklanjuti dengan penilaian ulang dan visitasi. Verifikasi dan validasi ini akan berlangsung pasa 10-12 Agustus 2019,” kata Josef.

Dijelaskan, penurunan status rumah sakit itu lebih disebabkan karena update pencatatan rumah sakit online dan aplikasi sarana dan prasarana alat kesehatan (ASPAK) dan tidak memengaruhi mutu pelayanan pasien.

“Sesuai hasil validasi dan verifikasi yanh dilakukan Dinas Kesehatan NTT, persentasi nilai SDM menggunakan rumus manual sebesar 81 persen dan telah melebihi batas yang disyaratkan sebesar 75 persen,” katanya.

Sedangkan untuk nilai sarana dan prasarana pada ASPAK , nilsi yang didapat oleh RSUD. Prof.Dr. Johannes Kupang setelah updating data adalah 86,92 persen dan telah melebihi persentasi yang disyaratkan, yakni sebesar lebih dari 60 persen.

“Dengan data ini, diharapkan status RSUD Prof. Dr. WZ. Johannes akan dikoreksi dengan penetapan kelas sebagai rumah sakit Kelas B Pendidikan. Hasil penilaian ulang ini akan diumumkan pada tanggal 26 Agustus 2019,” ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)



Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Wagub NTT : Kemenkes RI Akan Verifikasi dan Validasi RSUD Johannes Kupang, https://kupang.tribunnews.com/2019/08/10/wagub-ntt-kemenkes-ri-akan-verifikasi-dan-validasi-rsud-johannes-kupang.
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *