Stok Darah di Bank Darah RSUD Prof Dr WZ Johannes Mencukupi

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Stok darah bagi pasien di Bank Darah RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang dipastikan aman dan mencukupi kebutuhan pasien.

Hal ini disampaikan Teknisi Bank Darah RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang, Yunnie Christine didampingi staf Hukum dan Humas RSUD Prof DR W Z Johannes Kupang, Senin (26/8/2019) siang.

“Untuk stok darah ada dan sangat mencukupi,” kata Yunnie.

Dirincikannya, terdapat sebanyak 23 kantong darah golongan darah A, 26 kantor darah golongan B, 29 kantong darah golongan darah O dan sebanyak 19 kantong darah golongan darah AB.

Stok darah ini masih sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di rumah sakit tersebut.

Selain itu, Yunnie juga menjelaskan, pihaknya hanya menerima kantong darah dari UPT PMI Provinsi NTT.

Selanjutnya, untuk proses donor darah dan screening darah juga dilakukan oleh pihak UPT PMI Provinsi NTT.

Diakuinya, kebutuhan darah terbanyak adalah golongan darah O.

“Kebutuhan darah yang paling dibutuhkan adalah golongan darah O dan yang paling langka AB. Akan tetapi saat ini terpenuhi,” paparnya.

Golongan darah AB diakuinya cukup langka karena orang-orang yang memiliki golongan darah tersebut sedikit dan saat permintaan meningkat sedangkan stok darah masih kosong.

Para pasien juga tidak membayar biaya darah sebab ditanggung oleh BPJS.

“Di sini tidak bayar karena sudah ditanggung BPJS dan ada juga yang urus SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari kelurahan atau desa,” jelasnya.

Saat stok darah tidak ada, langkah yang diambil pihaknya adalah meminta pihak keluarga pasien menjadi donor pengganti.

“Itu antisipasi terbaik. Jadi nanti kami akan arahkan ke UPT PMI Provinsi NTT,” katanya.

Sementara itu, Wadir Pelayanan Medis RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang, dr Stefanus Dhe Soka, SpB mengatakan, Bank Darah dibangun untuk mempermudah pasien untuk mendapatkan darah.

“Sehingga pasien lebih cepat mendapatkan darah. Tidak usah lagi ke UPT PMI Provinsi NTT,” paparnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Diakuinya, penyediaan dan suplai darah selama ini menjadi ranah atau tugas dari UPT PMI Provinsi NTT.

“Pengadaan dan lainnya disediakan oleh PMI. Kami hanya sebagai user atau pengguna dan bank darah yang ada hanya untuk mempermudah koordinasi,” katanya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana)



Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Stok Darah di Bank Darah RSUD Prof Dr WZ Johannes Mencukupi, https://kupang.tribunnews.com/2019/08/28/stok-darah-di-bank-darah-rsud-prof-dr-wz-johannes-mencukupi?page=2.
Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *